Cari Disini

Kamis, 20 Agustus 2015

Kompetisi Robotik Pertamaku

Zaki, 10 tahun

"Yesss....Alhamdulillah, akhirnya aku dapat medali, Ibu...

Itulah ekspresi kegembiraan Zaki sesaat setelah menerima Bravery Medal pada kompetisi Robotic yang diadakan oleh CK (CreativKids). Hari Minggu yang lalu, tanggal 16 Agustus 2015 diselenggarakan National Competition "Robot Explorers" di Hotel Aryaduta Lippo Karawaci Tangerang. Penyelenggaranya adalah sekolah robotik CreativKids. Peserta datang dari berbagai kota di Indonesia dimana sekolah tersebut berada.

Ini adalah kompetisi pertama Zaki, jadi rasanya Bapak dan Ibu Zaki turut semangat mengantar Zaki kompetisi. Saking semangatnya, Bogor-Tangerang hanya ditempuh dalam waktu satu jam saja, Kami pun kepagian tiba di lokasi. Hehe...acara jam 8, sedangkan kita tiba jam 7. Masih banyak waktu untuk sarapan  dan jalan kaki menikmati segarnya boulevard Lippo Karawaci di waktu pagi.


Pukul 8 kita ke area kompetisi melakukan registrasi ulang. Kami disambut oleh Miss dan Mister Panitia yang ramah. Disana sudah ada stand yang menyajikan makanan khas daerah masing-masing, meja-meja untuk lomba, panggung meriah, dan sudah ada robot-robot lego yang dirancang oleh murid-murid CreativKids dengan tema Pearl Explorer. Mereka adalah robot penambang emas, robot penambang batu akik (hihihi...kreatif juga nih idenya), robot penyedot minyak bumi, dan lain-lain. Pesertanya masih usia SD-SMA, salut banget deh ngelihatnya......
Setelah sambutan dan lain-lain, akhirnya tiba waktunya lomba. Zaki ikut lomba di kelas Construction dengan membuat Climbing Car. Pesertanya lumayan banyak, sekitar 40 orang dibagi dua sesi. Setiap peserta diberikan satu box lego yang disediakan oleh Panitia. Begitu gong berbunyi....anak-anak langsung konsentrasi dengan legonya. Kami para orangtua boleh melihat dari sepanjang koridor yang disediakan.

Tiga puluh menit berlalu, sudah ada yang bisa menyelesaikan proyeknya dan langsung melakukan trial di papan climbing. Dari jauh, Ibu dan Bapak Zaki memperhatikan Zaki. Dari awal, Zaki hanya melihat-lihat lego didepannya. Sesekali garuk-garuk kepala, persis kayak ibunya kalo lagi bingung. Hahaha.... Ibu mulai keringetan, Bapak mulai gelisah. Ada apa dengan Zaki yah? Mungkin ini yang pernah dialami ortu-ortu lain jika anaknya sedang lomba. Kalo posisi anaknya dekat, ortu yang gelisah akan cerewet ngasih arahan (padahal itu malah bikin anak tambah ga konsen). Untung posisi duduk Zaki jauh dari tempat ortu, jadi kita masih bisa tahan ga teriak2 ke anak. Kalo inget kejadian ini suka ketawa sendiri. Yang stress malah emaknya, Zakinya mah santai-santai aja.

Beberapa menit kemudian, Zaki mulai merakit dengan pedenya. Dalam waktu singkat, dia berhasil membuat Climbing Carnya sendiri. Alhamdulillah.....Ibu Zaki mencolek-colek Bapak sambil kegirangan. "Pak...jadi Pak,,," hihihihi...Ibu Zaki norak deh. Zaki mulai maju mencoba di papan climbing. Mobilnya bisa naik tapi kemudian menjungkal di tengah jalan....perbaiki lagi...coba lagi...
Tiba sesi penilaian, masing-masing anak memperagakan proyeknya di papan climbing. Ada yang berhasil sampai finish, ada yang tidak, bahkan ada yang proyeknya belum selesai. Meskipun demikian, setiap anak dikalungi medali keberanian "Bravery Medal" atas keberaniannya ikut kompetisi. Adapun Zaki, meskipun mobilnya terjungkal di tengah jalan, dia tetap bilang "Yessss...."sambil ketawa ga ada beban. Dia makin senang ketika dikalungi medali oleh Judge-nya.
Itulah cerita kompetisi pertama Zaki. Ceritanya.....dengan mengikuti kompetisi, Ibu berharap Zaki akan banyak belajar dan selalu percaya diri dengan kemampuannya. Tapi...setelah mengalami lomba ini, sepertinya yang harus banyak belajar untuk percaya diri adalah orang tuanya yah...Hehehe...jadi malu.

Perkenalan Zaki dengan robot-robot lego ini berawal dari Sekolah Kreativa yang mengadakan ekskul robotik untuk siswanya. Sempat pernah ikut robotik di kelas 1, tapi karena terkendala mobil jemputan, akhirnya Zaki gak ikut ekskul apapun di sekolah. Rupanya Zaki sangat terkesan dengan robot-robot lego. Dia yang biasanya tidak nyaman dengan mainan yang bisa bergerak-gerak, dengan robot lego justru sebaliknya. Walaupun robot lego bergerak kesana kemari, Zaki senang sekali bermain. Akhirnya Zaki diikutkan kursus di CreativKids yang lokasinya tidak jauh dari rumah.

Untuk temans yang belum tahu ada kursus robotik, mungkin tulisan ini sedikit membantu.
Jangan dulu dibayangkan bahwa murid-murid kelas robotik ini adalah anak-anak dengan IQ tinggi, hebat dalam fisika, introvert, berkaca mata tebal dan mereka membuat robot super secanggih Transformers. Jika membayangkannya seperti itu, maka tidak semua anak bisa ikut kelas robotik. Di kelas robotik, pertama kali yang diajarkan adalah membangun kreatifitas dari lego. Yah, lego yang bentuknya kotak-kotak berbintil-bintil itu.... hehehe... Jadi, jika anaknya senang bermain dengan balok dan lego, jika diberi kursus robotik, pasti nyambung. Yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah anak lebih kreatif karena bisa membuat sesuatu sesuai imajinasinya sendiri. Nah, untuk kreatif ini kan tidak harus hebat dalam fisika. Kegiatan ini akan  memberi stimulasi terhadap motorik halus anak.
Tahap selanjutnya setelah tahap Creativity adalah Construction, yaitu membuat alat yang digunakan sehari-hari sampai alat itu berfungsi, misal mobil, kipas angin dan lain-lain. Bahan yang digunakan juga dari lego. Tahap berikutnya baru Robotic yaitu membuat robot lego yang lebih rumit, seperti miniatur robot untuk pertambangan. 

Nah, sudah terbayang kan? Jika dulu, kita harus jago fisika dulu untuk membuat robot, sekarang dibalik, bisa membuat bentuk robot dulu, baru  ilmu fisikanya dipelajari sambil jalan. Itulah Learning By Doing. 

Oiya, bagi yang penasaran dengan biaya, jangan khawatir...Rata-rata sekolah robotik perlu biaya Rp300.000,00 per bulan untuk empat kali pertemuan. Sama kan dengan les-les yang lain. Hanya sayang....belum di setiap kota ada sekolah robotiknya. Beruntunglah yang tinggal di kota-kota besar, mereka bisa memilih sekolah robotik sesuai kebutuhannya. Temans bisa searching di Mbah Google dengan tag "sekolah robotik (nama kota)". 
Oke temans...sekian dulu info tentang sekolah robotik. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar